Tuesday, January 22, 2019
Fungsi Kumparan Stator
c. Belitan  stator  atau  kumparan stator  merupakan tempat terjadinya medan magnet yang ditempatkan pada alur  stator  motor.  Kumparan stator  dirancang agar membentuk jumlah kutub tertentu, untuk menghasilkan jumlah putaran yang diingankan.  Kumparan stator  dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu:, Stator  termasuk komponen utama motor listrik. Karena komponen ini akan bersinggungan langsung dengan kinerja motor.  Stator  merupakan lilitan tembaga statis yang terletak mengililingi poros utama.  Fungsi stator  adalah untuk membangkitkan medan magnet pada di sekitar rotor., Dimana  stator  adalah elektromagnet,  kumparan  yang memberi energi itu dikenal sebagai  kumparan  medan atau gulungan medan.  Kumparan  dapat berupa inti besi atau aluminium. Untuk mengurangi kerugian pemuatan di motor, produsen selalu menggunakan tembaga sebagai bahan pengawet dalam gulungan. ...  fungsi , dan tujuan filosofis sebagai dasar ..., Stator  coil terdiri dari kawat tembaga yang dilapisi dengan lapisan tipis yang bersifat sebagai insulator. Di bagian dalam ada slot-slot yang mana terdiri dari 3  kumparan  yang bebas ( independent ). Inti  stator  bertugas sebagai saluran garis-garis gaya magnet dari pole core ke hasil yang efektip  stator  coil., Jadi gulungan speed dan dioda,fungsinya mengurangi arus yang masuk gulungan  stator ,sehingga didapat putaran rotor menjadi lebih lambat secara bertingkat. Data gulungannya adalah sebagai berikut;  Kumparan stator  menggunakan kawat 040 dan jumlah lilitannya 250 lilit., Tegangan ini menjadi lebih besar di antara terminal "B" dan "E". dan tegangan keluar dari "N"  stator  coil, menyebabkan tenaga tarik dari  kumparan  pada voltage relay bertambah besar dan titik "P1" berhubungan dengan titik "P2" dan lampu tanda pengisian …, 25/04/2013  · Pada kinerja Amlifier ini yang dikuatkan adalah kekuatan medan pada  kumparan  di Exciter. mekanisme penguatan adalah dengan menguatkan tegangan dan arus pada  stator  Exciter. amplifier ini merupakan response dari sensing sircuit jika ternyata output generator terjadi penurunan. 4. Exciter, Tegangan ini menjadi lebih besar di antara terminal "B" dan "E". dan tegangan keluar dari "N"  stator  coil, menyebabkan tenaga tarik dari  kumparan  pada voltage relay bertambah besar dan titik "P1" berhubungan dengan titik "P2" dan lampu tanda pengisian …, Komponen  stator  pada alternator ini merupakan komponen diam. Pada komponen  stator  ini tersusun dari bagian  stator  core dan  stator  coil ( kumparan stator ). Komponen  stator  ini dilindungi oleh bagian depan dan belakang dari frame. Pada  stator  coil tersusun dari kawat tembaga yang diluarnya sudah dilapisi dengan insulator., Pada bagian  Stator  generator DC terdapat  kumparan  yang berfungsi untuk membangkitkan medan magnit,  kumparan  ini dinamakan  kumparan  medan. Medan magnit yang dihasilkan diperoleh melalui suatu  kumparan  yang diberi tegangan DC. Arus yang masuk pada  kumparan  diatur dengan menggunakan tahanan geser, besarnya arus yang mengalir pada  kumparan  ...
Labels:
Artikel
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment