Tuesday, January 22, 2019
Fungsi Kumparan Stator
c. Belitan stator atau kumparan stator merupakan tempat terjadinya medan magnet yang ditempatkan pada alur stator motor. Kumparan stator dirancang agar membentuk jumlah kutub tertentu, untuk menghasilkan jumlah putaran yang diingankan. Kumparan stator dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu:, Stator termasuk komponen utama motor listrik. Karena komponen ini akan bersinggungan langsung dengan kinerja motor. Stator merupakan lilitan tembaga statis yang terletak mengililingi poros utama. Fungsi stator adalah untuk membangkitkan medan magnet pada di sekitar rotor., Dimana stator adalah elektromagnet, kumparan yang memberi energi itu dikenal sebagai kumparan medan atau gulungan medan. Kumparan dapat berupa inti besi atau aluminium. Untuk mengurangi kerugian pemuatan di motor, produsen selalu menggunakan tembaga sebagai bahan pengawet dalam gulungan. ... fungsi , dan tujuan filosofis sebagai dasar ..., Stator coil terdiri dari kawat tembaga yang dilapisi dengan lapisan tipis yang bersifat sebagai insulator. Di bagian dalam ada slot-slot yang mana terdiri dari 3 kumparan yang bebas ( independent ). Inti stator bertugas sebagai saluran garis-garis gaya magnet dari pole core ke hasil yang efektip stator coil., Jadi gulungan speed dan dioda,fungsinya mengurangi arus yang masuk gulungan stator ,sehingga didapat putaran rotor menjadi lebih lambat secara bertingkat. Data gulungannya adalah sebagai berikut; Kumparan stator menggunakan kawat 040 dan jumlah lilitannya 250 lilit., Tegangan ini menjadi lebih besar di antara terminal "B" dan "E". dan tegangan keluar dari "N" stator coil, menyebabkan tenaga tarik dari kumparan pada voltage relay bertambah besar dan titik "P1" berhubungan dengan titik "P2" dan lampu tanda pengisian …, 25/04/2013 · Pada kinerja Amlifier ini yang dikuatkan adalah kekuatan medan pada kumparan di Exciter. mekanisme penguatan adalah dengan menguatkan tegangan dan arus pada stator Exciter. amplifier ini merupakan response dari sensing sircuit jika ternyata output generator terjadi penurunan. 4. Exciter, Tegangan ini menjadi lebih besar di antara terminal "B" dan "E". dan tegangan keluar dari "N" stator coil, menyebabkan tenaga tarik dari kumparan pada voltage relay bertambah besar dan titik "P1" berhubungan dengan titik "P2" dan lampu tanda pengisian …, Komponen stator pada alternator ini merupakan komponen diam. Pada komponen stator ini tersusun dari bagian stator core dan stator coil ( kumparan stator ). Komponen stator ini dilindungi oleh bagian depan dan belakang dari frame. Pada stator coil tersusun dari kawat tembaga yang diluarnya sudah dilapisi dengan insulator., Pada bagian Stator generator DC terdapat kumparan yang berfungsi untuk membangkitkan medan magnit, kumparan ini dinamakan kumparan medan. Medan magnit yang dihasilkan diperoleh melalui suatu kumparan yang diberi tegangan DC. Arus yang masuk pada kumparan diatur dengan menggunakan tahanan geser, besarnya arus yang mengalir pada kumparan ...
Labels:
Artikel
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment